Sabtu, 29 November 2014

Nasi uduk my inspiration

     Selamat pagiiiii.......... minggu yang cerah, lama tak jumpa dengan blog ku ini *tiuptiupdebu. Hampir dua tahun, ini blog nggak diutak atik. cuma dilongok trus udah hehehe (buat mastiin masih ada ga blog nya).
     Sebagai IRT (red: Ibu RUmah Tangga), kalo pagi gini tidak lepas dari aktifitas yang berulang ulang mulai dari nyiapin sarapan suami, anak, cuci cuci ya seputar itu. Bosan? terkadang ... tapi tetap menikmati, karna itu reality hidup yang musti dijalanin, iya dong iya gak sih? hehehe *cari pembelaan xixixixi
     Kebetulan, anakku dua (3th 4bl + 1th 7bl), sarapan biasanya dibedakan dengan ayah, bunda. karna kami selalu bermenukan "cabe" (yg lagi meroket harganya), sedangkan my child tanpa cabe.Tapi untuk minggu yang spesial, bunda lagi libur masak, ingin rasanya bernyantai ria.... . tiba tiba inget aja sama nasi uduk tetangga, rasanya lain sedep bener. lazisssssss ala benu bulo *nyengir.
      saya bukan orang betawi, tapi asli jawa... dan dulu taw ada nasi uduk aja awalnya aneh, sarapan kok pake santan. Apa enak ? upss...underestimate banget sama menu yang satu ini. lidah ku seakan berontak, baru satu suap rasanya kenyang *lebay dikit. bukan cuma aku lho.... suami juga, apalagi lidahnya sensi bingit, lidahnya bak koki terkenal geto, taw aja mana makanan yang enak mana yang kurang. Tapi itu dulu....dulu...4 tahun silam. 
               And Now........ 
    Aku menikmati, ya seiring berjalannya waktu.... semuanya akan terbiasa. dan kebetulan nasi uduk yang satu ini emang mak nyuzzz, suami sampe bilang "enak"... *sayang bukan masakanku :P. pantes lah buat langganan. Nasi uduk "disini" raanya kuat banget, sedep beneran, pake semur tahu, tempe, telor, telor pedes, bihun goreng, gorengan tempe, tahu, bakwan *monggo dipilih dan gak lupa sambelnya yang bikin tambah sedep si uduk ni. Dan karna nasi uduk lah, menginspirasi diriku untuk nulis lagi *mekso benget hehehe
Yuuuk intip intip sebentar tentang nasi uduk..... hayuk hayuk hayuukkk cek it.

     Nasi uduk adalah nama sejenis makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris,abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. 
     Makanan ini biasanya lebih sering dijual di pagi hari untuk sarapan dan malam hari untuk makan malam.Pada malam hari,biasanya nasi uduk dijual di warung pecel lele,yaitu warung yang menjual nasi uduk beserta lauknya,seperti : lele, ikan mas, ayam bakar dan goreng, dan lain lain.
     Kehadiran nasi uduk di Indonesia diperkiraan sudah sejak abad ke-14 hingga ke-16 yang datang lewat proses perdagangan. Awal muasal nasi uduk itu berasal dari Tanah Melayu yang Pada Umumnya daerah Indonesia (pulau sumatera) dan wilayah negara Malaysia.karena perpindahan para penduduk melayu yang merantau ke pulau jawa dan menjual makan ini yang lezat ini bisa sampai di pulau jawa wilayah Sudan Kelapa dan sampai di Jawa barat.
     Katanya asal mula kata uduk justru berakar dari bahasa Sunda yang artinya bersatu atau bercampur, jadi bisa di bilang nasi yang dicampur dengan menu yang lain,makanan ini juga punya sedikit kemiripan dengan nasi lemak yang sangat khas di malaysia.
    Ada juga yang berpendapat bahwa nasi uduk merupakan makanan rakyat kecil mengingat perekonomian Indonesia zaman dahulu sangat susah. Masyarakat cenderung mengonsumsi makanan apa adanya. Nasi uduk berasal dari kata “uduk”, secara etimologi artinya “susah”, di sisi lain, nasi uduk dahulu dijual memakai gerobak dan selalu ada di pasar.

Hemmmm ngliat gambarnya ajah udah pada ngiler ala mupeng nih.... hayu hayu baca resepnya,  

RESEP NASI UDUK GURIH 
bahan dan bumbu utama nasi uduk :
  • 500 gram beras,- cuci bersih, tiriskan
  • 600 ml santan,- (1 butir kelapa tua)
  • 2 lembar daun salam segar
  • 2 lembar daun pandan,- disobek-sobek, lalu ikat
  • 1 batang sereh segar
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 sendok makan garam

Bahan Sambal Kacang :

> 100 gram kacang tanah, digoreng dulu
> 10 buah cabai rawit (kalau suka pedas)
> 1 buah cabai merah
> 2 siung bawang putih
> 1 sendok teh garam
> 1 sendok makan gula pasir
> 1 sendok makan cuka
> 150 ml air matang

yummy khaaan..... ayok buruan praktekin ....praktekin masaknya ataw langsung aja ke TKP *penjual nasi uduk :P. 

sumber :
ayobekasi.com
wikipedia
resep4.blogspot.com

1 komentar: